Client-Server media Streaming
Dalam client-server media streaming, setiap permintaan klien dan memperoleh apa yang diinginkan langsung dari server streaming.
Client-server berbasis multimedia streaming telah banyak digunakan melalui Internet.Dengan pendekatan ini, setiap permintaan klien dan memperoleh apa yang diinginkan langsung dari server streaming. Server bertanggung jawab untuk mengelola dan mengalokasikan sumber daya untuk streaming data multimedia yang diinginkan untuk permintaan dari klien.
Peer-to-Peer media Streaming
jaringan P2P (peer-to-peer) adalah sebuah jaringan yang
memungkinkan semua komputer dalam lingkungannya bertindak/berstatus sebagai
server yang memiliki kemampuan untuk mendistribusikan sekaligus menerima
berkas-berkas atau sumber daya (resource) yang ada dalam komputer mereka ke
komputer lainnya.
Bit Torrent adalah protokol komunikasi yang berbasis pada peer-to-peer
(P2P), dimana digunakan untuk file sharing.
Bit Torrent adalah metode pendistribusian data dengan
ukuran yang besar secara luas tanpa memperhatikan biaya dari sebuah
hardware,hosting,dan bandwith tanpa perlu memberikan data yang sama yang telah
di berikan pada satu komputer tanpa perlu meberikan nya lagi pada komputer lain
akan tetapi mereka mengaksesnya langsung dari komputer yang telah di berikan
datanya.Hal ini juga merurnkan resiko akan masalah pada bagian sistem,dan
mengurangi pertahanan terhadap distributor original.
Peer To Peer (P2P) banyak diterapkan di berbagai bidang kehidupan. Secara umum, pemanfaatan P2P di dalam kehidupan sehari – hari dapat dibedakan menjadi tiga kategori utama. Yaitu file sharing, komunikasi, dan streaming multimedia.
1. File Sharing
P2P dapat digunakan untuk melakukan proses berbagi file (file sharing) dalam beragam bentuk: audio, video, dokumen/teks, aplikasi, dan lain – lain. Contoh : GNUTella open source software, E-Donkey network, Kontiki, Ignite, RedSwoosh, dll.
P2P dapat digunakan untuk melakukan proses berbagi file (file sharing) dalam beragam bentuk: audio, video, dokumen/teks, aplikasi, dan lain – lain. Contoh : GNUTella open source software, E-Donkey network, Kontiki, Ignite, RedSwoosh, dll.
2. Komunikasi
P2P banyak diterapkan untuk aplikasi dan layanan komunikasi online. Contoh : instan messaging (Yahoo Messenger, Facebook chat, dan beragam layanan chat online lainnya).
P2P banyak diterapkan untuk aplikasi dan layanan komunikasi online. Contoh : instan messaging (Yahoo Messenger, Facebook chat, dan beragam layanan chat online lainnya).
3. Streaming Multimedia
P2P juga diterapkan untuk streaming multimedia, baik hiburan maupun edukasi (ELearning). Contoh : Lionshare (oleh MIT, Pennnsylvania Univ, dan Simon Fraser Univ untuk pendidikan), TVUPlayer, CoolStreaming, Cybersky-TV, PPLive, LiveStation, Giraffic (untuk streaming media publik).
P2P juga diterapkan untuk streaming multimedia, baik hiburan maupun edukasi (ELearning). Contoh : Lionshare (oleh MIT, Pennnsylvania Univ, dan Simon Fraser Univ untuk pendidikan), TVUPlayer, CoolStreaming, Cybersky-TV, PPLive, LiveStation, Giraffic (untuk streaming media publik).
Perbedaan yang signifikan bahwa peer to peer terhubung antara client dengan client (conthonya skype, torrent) , dan jika client server itu server terhubung dengan banyak client.
Sumber :
http://www.springerreference.com/docs/html/chapterdbid/73044.html
http://www.streamalot.com/basics.shtm
http://www.streamalot.com/basics.shtm
Mata kuliah : Pengembangan Teknologi Media dan Digital
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
ITB
( Nama : Andre Octavianus Sitepu & NIM : 1312006 )
0 comments:
Post a Comment