Tuesday 11 February 2014

Mendeklarasikan sebuah Class Generic (Pemograman Java) belum selesai


Metode Class generik

Maksud utama fitur generik di Java adalah untuk keamanan tipe (type safety). Interfes, kelas, konstruktor, dan metoda yang dideklarasikan generik harus menggunakan pamameter tipe (type parameter). Parameter tipe adalah placeholder untuk tipe sesungguhnya. Parameter tipe hanya bekerja untuk tipe acuan (variabel dengan tipe interfes atau kelas Java). Berikut ini adalah sintak pendeklarasian metoda generik.
penentu <T> tipe-nilai-dikembalikan nama-metoda(daftar-parameter) {
   // deklarasi dan pernyataan
}

T di dalam kurung sudut adalah parameter tipe. Parameter tipe di metoda generik bersifat lokal, artinya cakupannya dimulai dari posisi dimana parameter tipe dideklarasikan dan berlanjut sampai akhir dari blok metoda generik. Sebagai contoh, berikut ini adalah deklarasi metoda generik cetakNilai yang tidak mengembalikan nilai (return value):
public static <T> void printNilai(T nilai) {
   System.out.println(“Nilai : ” + nilai);
}

Sebuah metoda generik, selain menjadi bagian dari kelas generik (generik class) juga dapat menjadi bagian dari kelas biasa (ordinary class). Semua deklarasi metoda generik mempunyai bagian parameter tipe (type parameter section) yang diletakkan di dalam tanda kurung sudut (< >) sebelum tipe-nilai-dikembalikan. Setiap bagian parameter tipe dapat berisi satu atau lebih parameter tipe (disebut juga type variable) yang dipisah koma. Parameter tipe dapat digunakan sebagai tipe nilai yang dikembalikan oleh metoda generik dan juga sebagai placeholder untuk tipe argumen yang diberikan ke metoda generik. Metoda generik juga dapat memiliki tipe parameter lain selain parameter tipe dari kelasnya.
Secara kaidah, nama-nama parameter tipe adalah karakter huruf besar tunggal apa saja. Mengabaikan kaidah penamaan untuk parameter tipe akan menyulitkan dalam membedakannya dengan nama-nama variabel dan kelas. Nama-nama parameter tipe yang paling umum digunakan adalah E (element), K (key), T (type), N (number), V (value), S, U, V, dan sebagainya.


  
Sumber : JENI (Java Environment Network Indonesia)
                http://www.termasmedia.com/2012-05-29-02-56-17/java/122-menggunakan-metoda-generik-di-java.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More