Saturday 6 September 2014

Cara Kerja & Jenis jenis Cloud Storage

Cara Kerja Cloud Storage
Sebuah sistem cloud storage hanya membutuhkan satu data server yang terhubung dengan Internet. Melalui Internet, client (pengguna komputer yang memanfaatkan layanan cloud storage) mengirim salinan file miliknya ke data server, yang kemudian mencatatnya.

Ketika ingin mengambil file miliknya, client mengakses data yang tersebut melalui interface berbasis web (sama dengan pengguna cloud Storage yang menggunakan web broswser saat mengakses aplikasi online). Selanjutnya, file tersebut dikirimkan ke komputer client atau mengizinkan client untuk mengakses, dan memanipulasi datanya di dalam server.

Biasanya, sistem cloud storage mengandalkan ratusan data server. Karena komputer sewaktu-waktu membutuhkan perawatan atau perbaikan, menyimpan data yang sama pada beberapa mesin (disebut redundancy) merupakan hal yang pasti dilakukan oleh setiap sistem cloud storage.

Tanpa redudancy, sebuah sistem cloud storage tidak menjamin client bisa mengakses data milik mereka kapan saja. Kebanyakan, sistem menyimpan data yang sama pada beberapa server dengan tipe power supply yang berbeda. Dengan demikian, client tetap bisa mengakses data mereka, meski terjadi kegagalan pada salah satu tipe power supply.

Tidak semua client dimotivasi karena kekurangan ruang penyimpanan di komputer lokal mereka. Sebagian pengguna cloud storage memanfaatkan layanan ini untuk keperluan back-up data mereka, sebagai tindakan berjaga-jaga bila terjadi kerusakan pada komputer atau media penyimpanan lokal.

Jenis-jenis Cloud Storage
Personal Cloud Storage
Atau dikenal sebagai mobile cloud storage, merupakan bagian dari public cloud storage yang digunakan untuk menyimpan data perorangan pada cloud dan menyediakan akses data tersebut dimanapun berada. Terdapat juga layanan sinkronisasi data dan sharing ke berbagai devices. Contohnya adalah Apple iCloud.

Public Cloud Storage
Yaitu dimana perusahaan menyewa penyedia layanan storage untuk menyediakan cloud storage dan mengatur keseluruhan data perusahaan pada cloud. Model public cloud storage ini cocok untuk jenis data yang tidak terstruktur. Contoh penyedia layanan public cloud storage adalah Simple Storage Service (S3) dari Amazon.

Private Cloud Storage
Suatu bentuk cloud storage dimana perusahaan dan penyedia layanan cloud berintegrasi dalam pusat data perusahaan. Penyedia layanan cloud membentuk suatu infrastruktur dalam pusat data perusahaan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan dan kecepatan akses data, ditambah semua kelebihan cloud storage. 

Hybrid Cloud Storage

Hybrid cloud storage adalah kombinasi dari public dan private cloud storage dimana data-data penting disimpan dalam private cloud perusahaan dan data-data lain dan arsip data disimpan serta diakses melalui public cloud storage pada penyedia layanan cloud.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More