Sunday 5 October 2014

Konsep Media Penyimpanan yang aman menurut buku Smart City Cloud Computing

 1. Backup
Demi keamanan data harddisk Backup perlu dilakukan, cara pertama dengan cara back up dari harddisk computer/laptop ke Harddisk external, ataupun bisa menggunakan metode Cloud Computing dengan cara menyimpan data pada Internet, dengan metode cloud computing data akan aman dari virus dan data akan aman selama kita menyimpannya dengan baik baik.

2. Hindari Jedukan/Jatuh
Jatuh bisa mengakibatkan harddisk tergosok gosok pada bagian dalamnya, ini bisa mengakibatkan Bad Sector dan akan sangat fatal sekali jika sampai terjadi, sebab  harddisk yang terkena Bad Sector kemungkinan besar 90% data yang ada didalamnya akn hilang dan tidak bisa di recover.

3 Temperatur dan air flow pada casing
Suhu yang ideal untuk HDD adalah dalam keadaan beroperasi adalah 25°C hingga 45°C, apabila terlalu dingin kemungkinan akan terjadi pengembunan dan apabila terlalu panas dapat menyebabkan menyebabkan kerusakan komponen HDD. Namun ada baiknya menjaga suhu operasi harddisk berada dibawah 40 °C, sebab kemungkinan suhu harddisk akan meningkat ketika harddisk tersebut bekerja secara penuh. Untuk itu perhatikanlah sirkulasi udara di dalam casing komputer kamu.

4. Partisi

Mempartisi harddisk memiliki beberapa keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu sebaiknya rencanakanlah dengan baik sebelum Anda membuat partisi. Ada baiknya kamu membuat partisi berdasarkan tipe/ukuran data yang paling dominan, misalnya partisi pertama untuk sistem operasi, partisi kedua untuk menyimpan dokumen dan koleksi foto kamu, dan partisi terakhir untuk penyimpanan file ISO dan HD Movie. Mengapa demikian? karena hal ini berhubungan dengan fragmentasi data pada HDD kamu. Fragmentasi akan lebih sering terjadi pada partisi yang kondisi datanya dinamis seperti partisi pada sistem dan juga pada partisi yang berisi data dengan ukuran yang tidak seragam.



Source :
Buku Smart City Cloud Computing
Mata kuliah : Pengembangan Teknologi Media dan Digital
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
ITB
( Nama : Andre Octavianus & NIM : 1312006 ) 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More